Peraturan Menyalakan Lampu Siang hari!! masih belum ngeh dengan ini!!

3393530pHalo masbrai semua…apakah temen temen menyalakan lampu disiang hari kala naik motor?atau mnyalakan sewaktu ada polisi saja? tau gak sama sekali ? monggo dipilih..ehehe..yang pasti MB masih belum ngeh dengan peraturan ini..artinya belum ngeh manfaatnya bagi semua..kebetulan tadi siang MB tanya ke temen MB yang sudah sering ke luar negeri..waktu MB tanya manfaatnya apa? dia bilang untuk menghindari kecelakaan..dan mengindari penglihatan fatamorgana yang kadang di siang hari tidak melihat ada motor lewat ..dengan adanya lampu dinyalakan..maka akan terlihat..kira kira seperti itu penjabaranya tadi..dan di tambah dengan semua diluarnegeri juga udah seperti itu dengan undang undang seperti itu..masa indonesia gak seperti itu ?

Dari sini MB berpikir..apakah undang undang ini hanya untuk ikut2an? biar sama dengan luar negeri? kalo niatnya seperti itu MB rasa salah…gak berdasar..seperti anak kecil yang tiru tiru…lantas alasan apalagi ya? kalo alasan fatamorgana di siang hari..bisa membuat orang tidak melihat motor lewat..monggo di pilah pilah lagi..bagi MB fatamorgana itu kan yang melihat mata..kenapa lampunya yang di nyalain ya? jadi tambah bingung deh MB mikir apa kira kira manfaat undang undang ini dan apa alasanya..

setau MB undang undang ini ada saat dmulai jawapost dulu ngadain apa gitu yang nyalain lampu siang hari dapat hadiah jika pas di sorot kamera..disurabaya.nah dari situ kok tiba tiba jadi keterusan jadi undang undang..maaf kalo salah..tapi ini pendapat dan pengetahuan pribadi MB..monggo kita sharing..agar MB jadi ngeh dan ngerti kenapa aturan ini ada..kalo udah ngerti baru MB putusin untuk patuhi peraturan ini ato ga?hehe..

Masbrai..lebih penting mana urusan energi dengan nyalakan lampu siang hari biar gak kecelakaan..?kalo kecelakaan itu udah pasti ada..apakah gara2 lampu? nggak deh..kebanyakan kecelakaan itu dari kecerobohan pengemudi..pengendara..bukan dari adanya lampu dan gak..waloupun lampu menyala kalo orang lagi ngelamun..jelas ttp aja kecelakaan..kalo aturan telp ato sms di jalan itu pasti MB setuju..karena itu bisa membuat orang gak fokus..lah kalo menyalakan lampu siang hari? maaf nih bagi bapak bapak yang membuat undang undang..ada banyak yang lebih penting dari ini yang bisa dijadikan aturan..kalo malam hari kira kira ada undang undang wajib menyalakan lampu gak ya? kalo gak ada..kenapa gak di buatin sekalian…berarti kalo ada undang undang siang hari saja.sampean bisa matiin lampu dimalam hari gak akan di tangkep..hehe..tapi disinilah masbrai.walau gada peraturan wajib nyalain..kita pasti udah sadar sendiri kok akan menyalakan lampu di malam hari..ya gak masbro..lah kalo siang hari?

Energi kok di buang buang percuma..katanya hemat energi..tapi kenapa malah buat peraturan yang malah kontra seperti ini? apa maksudnya? apakah ada indikasi dengan pabrik lampu ato aki? hahaha…kira kira aja loh masbrai..ane gak  ngejudge..hanya kira kira..apakah kira kira itu bisa jadi ato gak ya? liat aja..berapa bulan kita ganti lampu? ato aki? bedain dengan ketika harus nyala disiang hari.eeeh malam juga pasti nyala..lah kapan matinya?banyak kasus yang lampu cepet soak dan aki juga..gara gara menyalakan lampu teruuuss…apalagi di pabrikan motor sekarang gada matiin lampunya..motor nyala…lampu juga nyalaa..hadeeeh..

untung motor ane ada saklar matiin lampunya..jujur aja..siang hari MB gapernah nyalain lampu..bagi MB itu pemborosan dan itu dosa..bodo amat dengan peraturan manusia..MB hanya manut sama peraturan agama dan untuk kebaikan bersama saja..lumayan gak nyalain lampu bisa hemat energi dan hemat untuk gak mempercepat pemanasan global..coba kalo gambar di bawah ini semua nyalain lampu ?
sepeda

Opo gak monyor monyor sampean kepanasan..bayangin aja..udah panas matahari..ditambah panas lampu? berapa energi yang sudah terbuang..maaf karena selama ini MB masih belum menemukan manfaat peraturan nyalain lampu disiang hari ..jadi MB gak patuhi ini..

bayangin masbrai semua..jika pemanasan global dan energy terkuras habis..apa bisa ada lampu lagi?kan ora toh yo..energi di buang percuma…aneh banget…dan kalo peraturan ini hanya meniru negara luar..alangkah negara kita ini seperti gapunya jatidiri meniru niru orang lain..kalo di eropa mah banyak kabut di pagi dan siang hari karena dsna dingin makanya di harapkan nyalain lampu siang hari..lah di indonesia? pagi aja dah terik banget kepanasan..mending kita siapin mata dan stamina saat mengendara..jadi lebih bermanfaat dari pada menggantungin dari lampu motor …lampu motor nyala di siang hari bisa hindari kecelakaan?meminimalis? ato mencegah? kayaknya gak..yang mencegah itu dari kita sendiri..bukan dari alatnya..hehe..jujur kesal nih MB nulis topik ini..sama sekali gak respect dengan ini..maaf bagi yang ada di daerah2 pembuat peraturan..tapi MB adalah secuil dari jutaan orang yang masih belum ngeh dari manfaat peraturan ini..MB gak mau patuhi peraturan asal ikut2an aja tanpa tau kesadaran dalam diri manfaatnya apa..kalo udah tau baru MB patuhi..karena selama ini gak nyalain motor juga oke2 saja..orang lain bisa ngelihat ad motor lewat begitu juga MB..ya toh? lantas manfaatnya apa coba?? haduuuh kenapa jadi curhat gini ya..hahaha..

jaman majapahit dulu gada lampu disiang hari juga gada tabrakan..wkwkwk….begitu juga sebelum peraturan ini di buat..masyarakat fine fine aja tuh..gak merasakan manfaat apa apa..nyusahin yang iya..mesti aki tekor..lampu kedip kedip..jatah 1 th ganti bisa bisa 6 bln dah ganti..duite sopooooooooooo ?? duite mmmbaaaaaahh muuu kuwi..wkwkwkwk…

sekali lagi semua ini adalah opini pribadi MB..mending mengurusi peraturan yang lain yang lebih bermanfaat daripada buat peraturan yang memudahkan untuk menilang orang…ini sama saja seperti memberi celah untuk menilang orang dengan mudah..ingat masbro

“kejahatan yang paling berbahaya adalah peraturan, peraturan yang di tunggangi oleh maksud pribadi”

sekian curhat dan opini pribadi tentang peraturan ini… bagi yang tersinggung ..mohon maaf..

MERDEKAAAAAA!!!!!

Iklan

22 thoughts on “Peraturan Menyalakan Lampu Siang hari!! masih belum ngeh dengan ini!!

    1. Fredy

      Udah jelas kok manfaatnya malah nyalain petugas, kl g pingin ditilang make motor resmi, lengkapi surat2nya, ikuti peraturan yg ada , baru merasa diri sendiri bener

      Suka

      Balas
  1. nara.

    Makin banyak peraturan dijalan,makin ribet,makin banyak pelanggaran,dan makin buncit pula perut eyang subur,eh mbah rompi ijo maksude..
    Pemerintah lebì mikirin lampu darpada jalan,ada kecelakaan yg disalahin pengendara,alasanya lalay ‘katanxa’,padahal ada liang keyeup dijalan.

    Suka

    Balas
    1. ryan

      apakah lampu mobil tidak perlu dinyalakan pada siang hari? supaya pengendara motor tahu ada mobil di belakang yang mau menyusul!

      Suka

      Balas
  2. c33b

    kalo saya sudah sangat merasakan manfaatnya.kalo di jalur pegunungan yg berkelok-kelok sangat berguna soalnya mudah terlihat.
    memang cara ini tidak mencegah kecelakaan tp cuma mengurangi resiko kecelakaan.
    emang ada ya cara untuk mencegah kecelakaan???ga ada kan?
    helm sebagus apapun g ada kan yg mencegah kematian?kalo kelindas trailer???
    saya kira semua aturan yg dibuat dan telah disetujui untuk diberlakukan itu untuk kebaikan.sedangkan pelaksanaanya saya ga tau lah….maklum indonesia

    Suka

    Balas
    1. joko Penulis Tulisan

      klo di pegunungan emang sangat berguna masbrai..apalagi klao malem..klo di jalanan raya .kayaknya masih minim manfaat… tapi sekarang peraturan bukan murni peraturan untuk kebaikan..ada maksud pribadi.. (kira kira seperti itu..) hehe 🙂

      Suka

      Balas
      1. ryan

        lampu mobil perlu nyala juga pad siang hari, supaya pengendara motor tahu ada mobil di belakang yang mau menyusul

        Suka

  3. Dhot

    Share dikit aja nih masbray. kata temen ane (ini kata temen ane lho) sebagai driver boil ada ngaruhnya juga kok.. Dulu waktu belum jamanya motor nyalain lampu siang hari, doi sering banget hampir srempetan ama biker (pemotor) karna doi bilang biker sering ga keliatan kalo mau nyalip. Tapi beda sama skrg doi jadi lebih waspada karna ada efek pancaran sinar lampu si biker di kaca spion boil’a, jadi bisa lah dibilang menimalisir efek kecelakaan. Sbagai biker ane jg ngerasain kok ada interaksi antara mobil dan pemotor kalo mau nyalip. Ya walaupun ane sebel jg ama praturan yg ini, sbagai kurir ane jadi sering ganti lampu sama mika yang meleleh..

    Suka

    Balas
    1. Fredy

      Ini berarti manusia gak taat hukum, mental2 pembantu dan tukang kerja kerja kalo ada majikannya aja, seperti keledai juga kurang lebih seperti ini

      Suka

      Balas
  4. yanusakti

    klo pas perjalanan jauh (mudik contohny) menyalakan lmpu emng lebih baik. kewaspadaan relatif lebih terjaga. apalagi jika jalanan tertutup bayang2 pohon dsb, menyalakan lampu sangat membantu bro. ane kalau mudik / turing lebih safe nyalain lampu. tp klo di dalam kota ane rasa tidak efektif. selain karena kecepatan yg rendah juga menyilaukan karena g’ cm 1-2 motor tp bisa puluhan motor. beda ketika kita turing / mudik yang melewati jalan yg relatif sepi.
    IMHO lebih barguna jika motor mengaplikasikan LED sebagaimana mobil2 sekarang. g terlalu menyilaukan (lebih hemat energi) tp jg lebih safety.

    Suka

    Balas
  5. Danny

    Banyak ko Manfaatnya buat pengendara Motor
    banyak titik spot dimana motor gk tampak buat pengendara lain, di bantu lampu ini maka motor yg doyan nyalib2 lebih safe, karena dengan ada nya lampu pengedara lain Jadi Tau Posisi Motor pas nyalib.

    kenapa mobil gk make, udah gede body dia, gampang keliatan sama pengendara lain

    Energi Boros, kan ada kiprok yg siap chas aki lagi, paling tambah air aki aja, mau makin hemat, pasang CAPSBANK di motor
    ——————————————————————————————————————–

    peraturan di buat demi keselamatan pengendara itu sendiri, sama kaya HELEM. di perhatiin ko gk mau, masalah tilang menilang mah itu cuman oknum aja (tapi banyaj oknumnya)
    terbukti kan semenjak orangnyalain lampu motor siang hari, kecelakaan pada siang hari berkurang.

    mending bahas orang bego yg pake lampu rem warna putih, atau di copot filter lampunya dan orang pake HID tanpa proyektor, dari pada bahas SAFETY RIDE yg udah bagus

    Suka

    Balas
  6. rezanugraha534@yahoo.co.id

    Monggo rencang” yang kena tilang karena tidak menyalakan lampu siang hari bisa eyel”an sama polisi karena dalam Pasal 107 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UU LLAJ”) berikut:
    (1) Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib menyalakan lampu utama Kendaraan Bermotor yang digunakan di Jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu.
    (2) Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

    Kemudian, menurut penjelasan Pasal 107 ayat (1) UU LLAJ, yang dimaksud dengan “kondisi tertentu” adalah kondisi jarak pandang terbatas karena gelap, hujan lebat, terowongan, dan kabut.

    Dari bunyi pasal di atas dapat diketahui bahwa tidak semua kendaraan bermotor wajib menyalakan lampu kendaraannya di siang hari, atau yang lebih dikenal dengan istilah Daytime Running Lights (“DRL”). Kewajiban menyalakan lampu utama pada siang hari itu terletak pada pengemudi sepeda motor saja. Akan tetapi, kewajiban menyalakan lampu utama kendaraan ada pada setiap pengemudi kendaraan bermotor di siang hari jika pada siang hari tersebut cuaca gelap, hujan lebat, saat menyusuri terowongan, atau berkabut. Selain mematuhi ketentuan tersebut, khusus untuk pengemudi sepeda motor, wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

    Jadi intinya yang di wajibkan menyalakan lampu utama di siang hari jika cuaca gelap, hujan lebat, saat menyusuri terowongan, atau berkabut.

    Suka

    Balas

Monggo tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s